Laporan Praktikum Biologi Umum
(Persilangan Satu dan Dua Sifat Beda)
DisusunOleh :
Nama : Rifal
Nim : 60700113025
Kelompok : III (Tiga)
Asisten : Fitri
Laboratorium Sains dan Teknologi Universitas
Islam Negeri Alauddin Makassar
2013
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan lengkap praktikum Biologi Dasar dengan judul “Persilangan Satu dan Dua Sifat Beda” disusun
oleh :
Nama : Rifal
Nim :
60700113025
Kelompok : III(tiga)
Telah diperiksa oleh asisten/koordinator asisten dan disepakati
dapat diterima.
Samata
– Gowa, …. November 2013
Koordinator Asisten Asisten
DITHA
KHARISMA FAKHRIANI FITRI
Nim : 60300111008 Nim :
Mengetahui
Dosen Penanggung Jawab
HASYIMUDDIN SYAM
Nip :
A.
Tujuan Praktikum
Tujuan dilaksanakannya praktukum ini adalah mempelajari persilangan satu
dan dua sifat beda.
B. Dasar Teori
Ilmu yang mempelajari tentang mekanisme pewarisan sifat dari induk kepada
keturunannya disebut ilmu genetika. Genetika berasal dati bahasa latin yaitu
Genos yang berarti asal usul. Pengetahuan tentang adanya sifat menurun pada
mahkluk hidup sebenarnya sudah lama berkembang, janya elum dipelajari secara
sistematis. Penelitian mengenai pola-pola penurunan sifat baru diketahui pada
abad ke 19 oleh mendel (Maryati, 2007).
Gregor Johann Mendel (1822-1884) disebut juga Bapak
Genetika karena percobaannya, beliau dapat meletakkan dasar-dasar ilmu
genetika. Dalam percobaanya, mendel menggunakan tanaman kacang kapri atau ercis
(Pisum sativum). Alasannya, tanaman kacang kapri memiliki siklus hidup
yang tidak lama , mudah disilangkan, memiliki bunga sempurna, serta memiliki
tujuh sifat beda yang mencolok. Dengan penelitian menggunakan kacang kapri
tersebut, akhirnya mendel dapat menemukan hukum genetika yang dikenal sebagai
hukum mendel I dan hukum mendel II. Hukum mendel II disebut juga hukum asorti atau penggelompokan gen-gen
secara bebas. Menurut hukum ini, gen-gen yang sealel memisah secar bebas ketika
berlangsung pembelahan meosis pada pembentukan gamet-gamet. Hukum mendel II
dapat dibuktikan denmgan persilangan dihibrid atau lebih. Mendel memperoleh
hukum segregasi dengan melalkukan persilangan monohibrid. Mendel menyilangkan
kapri galur murni beratang tinggi dengan tanaman kapri berbatang rendah. Hasil
persilangan tersebut menunjukkan bahwa semua tanaman-tanaman kapri keturunan
pertama (F1) memiliki sifat yang dengan sifat salah satu induknya, yaitu
semuanya berbatang tinggi. Mendel kemudian menyilangkan sesama tanaman F1
tersebut dan hasilnya, tanaman kapri keturunan kedua (F2) menunjukkan perbandingan
fenotip tanaman berbatang tinggi : tanaman berbatang rendah=3:1 (Pujianto,
2008).
Hukum mendel I disebut juga hukum segregasi atau
pemisahan gen-gen yang sealel. Menurut hukum mendel I, tiap organisme memiliki
dua alel untuk setiap sifat. Selama pembentukan gamet, dua alel terseut
terpisah sehingga masing-masing gamet hanya mengandung satu alel untuk satu
sifat. Jika dua gamet bertemu pada saat fertilisasi, keturunan yang terbentuk
mengandung dua alel yang mengendalikan sati sifat. Hukum mendel I tersebut
sesuai dengan teori pewarisan sifat karena alel-alel individu diturunkan dari
generasi ke generasi . Dalam kehidupan modern seperti sekarang ini, teknologi banyak
dimanfaatkan agar kehidupan sehari-hari menjadi lebih mudah dan nyaman. Ilmu pewarisan sifat
atau dalam biologi dinamakan Genetika, dimanfaatkan khususnya dalam usaha
untuk mengembangbiakkan hewan atau tumbuhan yang memiliki sifat-sifat unggul Sifat
unggul hewan atau tumbuhan bisa diperoleh dengan jalan persilangan diantara
hewan atau tumbuhan yang ingin kita dapatkan bibit unggulnya misalnya di
bidang peternakan, melalui persilangan dapat ditemukan bibit hewan ternak
seperti ayam, sapi, dan kuda (Mulyadi, 2008).
C. Metode Pratikum
1. Waktu dan Tempat
Adapun waktu dan tempat dilaksanakannya praktikum ini adalah :
Hari / Tanggal :Selasa /11 November 2013
Pukul :
05.00 – 17.00 WITA
Tempat : Laboratorium Biologi
Dasar Lantai I
Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas
Islam Negeri Alauddin Makassar
Samata – Gowa.
2. Alat dan Bahan
a.
Alat dan bahan
Adapun alat dan bahan yang digunakan pada praktikum
ini yaitu toples dua buah, kancing genetika berwarna merah 100 biji dan kancin
genetika berwarna putih 100 biji.
3. Prosedur Kerja
Adapun prosedur kerja dalam praktikum ini yaitu sebagai berikut :
a. Persilangan monohibrid
Memasukkan
12
kancing putih dan 12 kancing merah pada masing-masing kantong baju.
Dua kantong tersebut tersebut mewakili dua individi pada generasi parental
satu percobaan. Kancing merah mewakili gen dominan untuk biji kacang kapri
bulat (B) dan kancing putih mewakili gen resesif untuk biji kacang kapri yang
keriput (b), mengocok masing-masig kantong hingga ke dua kancing
tercapur secara homogen, memasukkan satu tangan kedalam kantong baju dan tangan satunya lagi
kedalam kantong baju lainnya,
mengambil kancing tersebut secara bersamaan
dan acak, Dan setelah itu meletakkan kancing tersebut diatas meja (kancing
tersebut mewakili filial).
Serta mencatat hasil kombinasi
kancing berupa merah merah, merah putih, atau putih-putih,
dan mengulang proses tersebut
sebanyak 10 kali.
b. Persilangan Dihibrid
Kotak genetika dua buah dengan model gen berwarna merah (M), putih
(m), hitam (B) dan hijau (b),
meletakkan model gen sehingga membentuk
Mb, Mb, mB, mb, menempatkan dalam sebuah kotak, 50 buah model gen MB, 50 gen Mb, 50
gen mB, dan 50 buah gen mb, menempatkan dalam kotak lain jumlah gen yang sama dengan kotak
betina sebagai kotak jantan,
mengocok masing-masing kotak secara acak
sehingga tercampur secara homogen, secara serentak ambillah
kedua kotak tersebut pasangan model gen dan campurkan pasangan model tersebut, dan mencatat hasil kombinasi pasangan tersebut dalam bentuk tabel
tabulasi.
D. Hasil Dan Pembahasan
1. Hasil
Pengamatan
Pengambila
Ke
|
Hasil
Pengamatan
|
||
Merah-Merah
|
Merah-Putih
|
Putih-Putih
|
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
Frekuensi
|
3
|
6
|
3
|
Pengambila
Ke
|
Hasil
Pengamatan
|
||
Merah-Merah
|
Merah-Putih
|
Putih-Putih
|
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
Frekuensi
|
3
|
7
|
2
|
Pengambila
Ke
|
Hasil
Pengamatan
|
||
Merah-Merah
|
Merah-Putih
|
Putih-Putih
|
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
Frekuensi
|
2
|
6
|
3
|
Pengambila
Ke
|
Hasil
Pengamatan
|
||
Merah-Merah
|
Merah-Putih
|
Putih-Putih
|
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
Frekuensi
|
3
|
6
|
3
|
Pengambila
Ke
|
Hasil
Pengamatan
|
||
Merah-Merah
|
Merah-Putih
|
Putih-Putih
|
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
Frekuensi
|
3
|
6
|
3
|
Pengambila
Ke
|
Hasil
Pengamatan
|
||
Merah-Merah
|
Merah-Putih
|
Putih-Putih
|
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
Frekuensi
|
3
|
6
|
3
|
Pengambila
Ke
|
Hasil
Pengamatan
|
||
Merah-Merah
|
Merah-Putih
|
Putih-Putih
|
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
Frekuensi
|
4
|
4
|
4
|
Pengambila
Ke
|
Hasil
Pengamatan
|
||
Merah-Merah
|
Merah-Putih
|
Putih-Putih
|
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
Frekuensi
|
2
|
8
|
2
|
Pengambila
Ke
|
Hasil
Pengamatan
|
||
Merah-Merah
|
Merah-Putih
|
Putih-Putih
|
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
Frekuensi
|
3
|
6
|
3
|
Pengambila
Ke
|
Hasil
Pengamatan
|
||
Merah-Merah
|
Merah-Putih
|
Putih-Putih
|
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
Frekuensi
|
5
|
2
|
5
|
a. Persilangan
Monohibrid
Pengambila
Ke
|
Hasil
Pengamatan
|
||
Merah-Merah (MM)
|
Merah-Putih (Mm)
|
Putih-Putih (mm)
|
|
1.
|
3
|
6
|
3
|
2.
|
3
|
7
|
2
|
3.
|
3
|
6
|
3
|
4.
|
3
|
6
|
3
|
5.
|
3
|
6
|
3
|
6.
|
3
|
6
|
3
|
7.
|
4
|
4
|
4
|
8.
|
2
|
8
|
2
|
9.
|
3
|
6
|
3
|
10.
|
5
|
2
|
5
|
Frekuensi
|
32
|
57
|
31
|
1.
MM = 32∕120 x 100% = 26,6 %
2.
Mm = 51/120 x 100% = 47,5 %
3.
Mm = 31/120 x 100% = 99,9 %
b. Persilangan
Dihibrid
Pengambila
Ke
|
Hasil
Pengamatan
|
|||
Merah hitam
|
Merah hijau
|
Putih hitam
|
putih hijau
|
|
1.
|
7
|
5
|
1
|
3
|
2.
|
6
|
6
|
1
|
3
|
3.
|
4
|
6
|
1
|
5
|
4.
|
12
|
1
|
1
|
2
|
5.
|
7
|
1
|
4
|
4
|
6.
|
9
|
2
|
1
|
4
|
7.
|
10
|
2
|
1
|
3
|
8.
|
1
|
10
|
0
|
5
|
9.
|
8
|
3
|
0
|
5
|
10.
|
8
|
4
|
1
|
3
|
Frekuensi
|
72
|
40
|
11
|
37
|
1.
Merah hitam = 72/160x 100% = 45 %
2.
Merah hijau = 40/160 x 100% = 25 %
3.
Putih hitam = 11/160 x 100% = 6,87 %
4.
Putih hijau = 31/160 x 100% = 23,1 %
2. Pembahasan
a. Persilangan Monohybrid
Dalam Ilmu Genetika
persilangan monohibrid ditentukan oleh gen-gen yang memisah secara bebas, di
mana pada pembentukan gamet (Gametogenesis) untuk gen yang merupakan
pasangan akan disegregasikan ke dalam sel anakan. Gen yang
terletak dalam lokus yang sama pada kromosom, pada waktu gametogenesis gen
sealel akan terpisah, masing-masing menuju ke satu gamet. Hal ini dikenal juga
dengan Hukum I Mendel (The Law of Segregation of Allelic Genes). Pada
persilangan monohibrid yang diperhatikan hanya satu sifat beda, namun dominasi
dari sifat gen sangat menentukan untuk kemunculan sifat pada setiap individu
(fenotip). Dalam uraian berikut ini akan dijelaskan tentang istilah-istilah
dalam persilangan, ciri-ciri dari persilangan monohibrid dominan-resesif dan
intermedier, macam-macam gamet, dan bagaimana proses persilangan monohibrid
seperti yang dilakukan oleh Mendel sehingga diperoleh prinsip-prinsip dalam
persilangan
Istila-istilah dalam persilangan adalah sebagai berikut :
a. Parental (P)
atau induk atau orang tua
b. Filial (F1) adalah keturunan
c. Gamet adalah sel Kelamin; ada dua macam yaitu: Sperma
(pria/jantan) dan Ovum (wanita/betina)
d.
Fenotip adalah Sifat yang tampak dan dapat
diamati: bentuk, warna, ukuran, rasa, dll
e. Genotip adalah susunan gen sehingga mempengaruhi fenotip;
dilambangkan dengan huruf BB, Hh, BbKk, TtHhRr, dll
f. Gen adalah substansi hereditas; sesuatu yang oleh Mendel disebut
sebagai penyebab timbulnya karakter.
g. Alel adalah pasangan gen dan terletak dalam lokus yang sama; atau merupakan anggota dari sepasang gen yang memperlihatkan pengaruh
berlawanan.
h. Dominan
adalah sifat yang menutupi sifat lain yang sealel
i. Resesif adalah sifat yang tertutupi oleh sifat alel yang dominan,
Sifat resesif akan muncul
dalam keasaan homozigoti
Didasarkan
pada hasil persilangan seperti yang dilakukan Mendel, maka ciri-ciri persilangan monohibrid
diantaranya adalah:
1. Hanya memperhatikan pada satu sifat beda
2. Fenotip ditentukan oleh sepasang gen
3. Pada persilangan sesama individu galur murni dihasilkan fenotip F1
100% seragam.
4. Setiap genotip dilambangkan dengan sepasang huruf yang sama
5. F2 memiliki jumlah genotip maksimal 4 variasi
b. Persilangan Dihibrid
Persilangan dihibrid
yaitu persilangan dengan dua sifat beda sangat berhubungan dengan hukum Mendel
II yang berbunyi “independent assortment of genes”. Atau pengelompokan gen
secara bebas.
Hukum
ini berlaku ketika pembentukan gamet, dimana gen sealel secara bebas pergi ke
masing-masing kutub ketika meiosis. Hukum Mendel II disebut juga hukum
asortasi.
Mendel menggunakan kacang ercis
untuk dihibrid, yang pada bijinya terdapat dua sifat beda, yaitu soal bentuk
dan warna biji. B untuk biji bulat, b untuk biji kisut, K untuk warna kuning
dan k untuk warna hijau.
Jika
tanaman ercis biji bulat kuning homozygote (BBKK) disilangkan dengan biji kisut
hijau (bbkk), maka semua tanaman F1 berbiji bulat kuning. Apabila tanaman F1
ini dibiarkan menyerbuk kembali, maka tanaman ini akan membentuk empat macam
gamet baik jantan ataupun betina masing-masing dengan kombinasi BK, Bk,Bk, bk.
Akibatnya turunan F2 dihasilkan 16 kombinasi.yang terdiri dari empat macam
fenotip, yaitu 9/16 bulat kuning, 3/16 bulat hijau, 3/16 kisut kuning dan 1/16
kisut hijau. Dua diantara fenotip itu serupa dengan induknya semula dan dua
lainnya merupakan fariasi baru.
Perbandingan
fenotip yang di hasilkan dari perkawinan dihibrid dominasi penuh adalah 9:3:3:1
Epistasis
dominan-resesif terjadi apabila gen dominan dari pasangan gen I epistatis
terhadap pasangan gen II yang bukan alelnya, sementara gen resesif dari
pasangan gen II ini juga epistatis terhadap pasangan gen I. Epistasis ini
menghasilkan nisbah fenotipe 13 : 3 pada generasi F2
E. Kesimpulan
Dari hasil pengamatan dapat ditarik kesimpulan bahwa pada persilangan
monohibrid nampak bahwa untuk menghasilkan individu Mm pada F1, maka baik MM
maupun mm pada generasi P1 membentuk gamet. Sedangkan pada persilangan dihibrid
dapat ditarik kesimpulan bahwa pada persilangan dihibrid memiliki ratio perbandingan
9:3:3:1 sebagai akibat terjadinya regenerasi gen secara independen.
DAFTAR PUSTAKA
Blog. Memet-mulyadi.blogspot.com.
Diakses tanggal 5 November 2013.
Maryati, Sri. 2007. Biologi. Jakarta:Erlangga.
Pujianto, Sri. 2008. Menjelajah Dunia Biologi 3. Solo:Platinum.